Photobucket

Friday, September 20, 2013

HYPERBILIRUBIN

ga nyangka satria akan mengalami hyperbilirubin.

waktu satria baru saja terlahir  ke dunia.  dokter anak langsung mengecek. dan menyodorkan satria ke aku. aku tanya apakah sehat? apakah normal? apakah sempurna?? jawaban nya semua ya.

setelah pulang  baru 3 hari satria diare terus ( kupikir  hehehe.. maklum anak pertama ga ngerti ) dan agak demam. akhirnya ku putuskan ke rumah sakit ketemu dr danni. kata dr danni normal bayi yang baru lahir pup dalam 1 hari 7x. yang ga normal jika pup nya berdarah dan apa lagiiii gitu hehehe... lupa.

tapi yang di kwatirkan oleh dr danni. justru kulit  satria yang kuning.  langsung hari itu harus cek billirubin.

setelah menunggu sekian jam. hasil nya... teng ... teng... billirubin satria 21 mau pingsaaaaaaaaaaaan


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hyperbilirubin (Hiperbilirubin) adalah suatu penyakit dimana meningkatnya kadar bilirubin dalam darah yang kadar nilainya lebih dari normal. Peningkatan bilirubin dapat terjadi karena polycetlietnia, isoimmun hemolytic disease, kelainan struktur dan enzim sel darah merah, keracunan obat (salisilat, kortikosteroid, klorampenikol), hemoliosis ekstravaskuler; cephalhematoma, dan ecchymosis ataupun gangguan fungsi hati; defisiensi glukoronil transferase, obsrtuksi empedu/ atresia biliari, infeksi, masalah inetabolik; galaktosemia hypothyroidisme, jaundice ASI


satria menjadi hyperbilirubin karena golongan darah satria beda dengan golongan darah ku. satria A sedangkan aku O. dr patologi klinik setelah baca hasil lab satria langsung menemui ku dan tanya apa golongan darah ku dan apa golongan darah suamiku. setelah tau berbeda dia bilang pantas.

kata dr efek dari hyperbilirubin bisa sampai ke otak. hari itu juga satria wajib di rawat




kata dr danni, jika aku punya anak lagi  resiko hyperbilirubin akan tetap ada selama golongan darah anak ikut  ke bapak.

3 hari di rawat kondisi satria sudah semakin membaik  hari ke 3. bilirubin nya sudah 16. nilai normal baby baru lahir 10 - 12.  satria boleh pulang.. horeeeee alhamdulillah.

efek dari blue light 24 jam x 3 hari , kulit satria terkelupas, kering.

dr mewajibkan satria di rumah harus dijemur. setiap pagi  punggung 15 menit , depan 15 menit dengan catatan :

1. waktu jemur  jam 07.00 - 09.00 pagi.
2. mata dan alat kelamin harus di tutup
3. minum harus banyak. agar bilirubin bisa normal.

dengan patuh kami jalanin catatan dokter. saking semangatnya si papap jemur kelamaan akhirnya satria menjadi gosong ( tutup mata ) padaha waktu lahir kulit satria berwarna putih kemerahan. kata orang-orang seperti orang jepang. sekarang malah seperti anak negro hahaha.. ga papa yang penting satria sehaat



sehat ... sehat selalu naaak .


 

No comments:

Post a Comment